Kamis, 28 Maret 2013

About Strawberry, Tentang Stroberi


            Stroberi adalah buah yang penuh kemudahan bagi kita tanpa harus pusing untuk mengupasnya ataupun duri tajam. Kita makan stroberi tanpa harus berpikir tentang biji yang termakan, tanpa kendala sama sekali.Tapi tahukah anda bahwa stroberi bukanlah buah sebenarnya ia adalah buah semu, yang berasal dari dasar bunga bukan berasal dari ovary atau achenium. Stroberi masuk dalam genus fragaria (jenis tumbuhan berbunga)dan termasuk keluarga rosacea (mawar) Buah stroberi berwarna hijau keputihan ketika sedang berkembang, dan pada kebanyakan spesies berubah menjadi merah ketika masak. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari streaw atau "straw" dan berige atau "berry". Alasan pemberian nama ini masih tidak jelas. Beberapa spesies Lepidoptera mengambil sumber makanannya dari tumbuhan stroberi, menjadikan spesies ini hama utama tanaman stroberi.

          Stroberi yang kita kenal sekarang adalah hasil silang dari dua jenis stroberi dari dunia baru yaitu Benua Amerika, yaitu stroberi hutan asli dari Virgina, Amerika Serikat yang mempunyai daging buah yang lembut,  rasa yang enak dan aroma stroberi yang kuat. Seperti kacang polong atau pun jagung, atau tanaman pangan lainnya yang asli dari daerah tersebut biasanya yang paling enak untuk dimakan didaerah mereka tumbuh.

          Kemudian di awal abad ke 18, seorang angkatan laut Prancis yang bernama Frezier ( yang secara kebetulan dalam bahasa Prancis Frasier berarti tanaman stroberi) mengenalkan Stoberi dari Chili yang berada di pesisir barat Amerika Selatan. Stroberi asli Chili ini mempunyai tekstur daging buah yang agak keras, tebal, dan kadang-kadang ukurannya bisa sebesar buah apel, varietas ini rasanya kurang begitu enak. Hasil dari persilangan dua stroberi ini yaitu stroberi Virginia dan stroberi asli Chili, menghasilkan buah yang manis serta daging buah yang tebal dan warna yang menarik, hingga mencapai kepopuleran dalam waktu singkat di seluruh dunia.

             Untuk menghargai hasil usahanya dalam proses penyilangan dua varietas stroberi ini Michael Keens seorang ahli kebun berkebangsaan Inggris mendapat penghargaan piala perak dari the Royal Holticultural Sosiety di Inggris.  Sampai dengan tahun 1850an Inggris berada dalam demam stroberi, berbagai pesta menyuguhkan stoberi , kalangan pertanian mengadakan pameran –pameran tentang stroberi serta kota kota seperti Belmont, Massachusett, mengadakan festival stroberi. Di Philadelpia muncul tren untuk membuat taman stroberi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar