Minggu, 03 Maret 2013

sejarah coklat

Coklat di Amerika
 
Coklat didapat dari tumbuhan kakao theobroma cacao yang diperkirakan tumbuh di wilayah Amazon Utara hingga Amerika Tengah mungkin sampai ke wilayah Chiapas, Meksiko . Menurut sejarah  yang terdokumentasi pengolahan coklat pertama kali ditemukan di Honduras, Puerto Escondindo tahun 1100-1400 SM hal itu ditemukan pada residu coklat pada tangki- tangki pengolahan minuman beralkohol tradisional . Pada masa itu coklat juga di konsumsi sebagai minuman.

Suku Maya kemungkinan sudah mengenal coklat untuk minuman sekitar tahun 400-an M. Di Meso amerika coklat adalah cocolath yaitu minuman yang pahit. Pengolahan coklat pada masa itu dengan memfermentasi biji kakao yang kemudian di panggang dan digiling menjadi bubuk coklat. Kebiasaan minum coklatkemungkinan telah ada pada tahun 450-500 SM. Pada waktu itu coklat sangat berharga, selain dikonsumsi sebagai minuman dalam bentuk cairan yang berbuih ditaburi dengan lada merah, rempah-rempah dan aroma vanili, coklat merupakan  minuman untuk pencegah rasa lelah karena kandungan theobromin (Theobroma dalam bahasa Yunani berarti makanan para dewa) coklat juga menjadi alat jual beli atau barter, disuku Aztec, Toltec, Maya pada masa itu.

 Coklat di Eropa 
                                  
Bagaimana perjalanan coklat bisa sampai ke Eropa, yang pertama kali membawa coklat ke Eropa atau tepatnya Spanyol adalah Hernando Cortez, pada saat Cortez menaklukan daratan Amerika harga coklat lebih mahal daripada emas ataupun perak, dan saking berharganya saat Montezuma yang merupakan pemimpin suku Aztec pada masa 1519 M ditaklukan oleh Cortez, harta rampasan perang yang di temukan bukan lah tumpukan emas ataupun benda-benda berharga dari perak namun hanyalah tumpukan biji coklat.
Baru pada tahun 1544 M, delegasi suku Maya Kekichi dari Guatemala bertemu pangeran Philip di Spanyol dan membawakan hadiah yang sangat berharga dan tentu saja berupa biji coklat. Dari situ  kita bisa mengerti begitu berharganya nilai biji-biji coklat pada masanya.

Sejak saat itu coklat dikenal sebagai minuman mewah di kalangan elit kerajaan Spanyol, dan Spanyol pun mulai mendirikan pabrik pengolahan coklat untuk minuman  secara rahasia selama bertahun-tahun yang mengundang rasa penasaran Inggris. Hingga membakar kapal milik spanyol Treasure Galleon ditahun 1579 saat mereka saking putus asanya,tidak menemukan apa-apa selain tumpukan biji-biji coklat.Hal itu terjadi karena kecurigaan mereka saat kapal membongkar muatan coklat dari benua baru atau Amerika yang mereka anggap sebagai kotoran biri-biri kering. Sejak itulah awal dunia mengenal coklat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar